Friday, March 13, 2020

Tips Merawat Pohon Alpukat Agar Cepat Berbuah

Alpukat atau biasa disebut juga dengan avokado merupakan nama dari suatu jenis tanaman sekaligus buah yang masih termasuk ke dalam famili Lauraceae. Perlu Anda ketahui bahwa alpukat berasal dari Meksiko yang ada di Amerika Tengah yang dikenal sebagai tanaman perkebunan monokultur, jenis tanaman buah ini kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman alpukat sendiri merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan subur terutama di negara-negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Alpukat tergolong sebagai buah konsumsi yang menjadi favorit banyak orang, pada umumnya buah alpukat dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai jus yang menyegarkan. Terlebih lagi buah alpukat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi serta lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain dibudidayakan secara intensif, tanaman alpukat juga biasa ditanam di pekarangan rumah warga karena jenis tanaman alpukat memang tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Berikut ini akan kami ulas tips merawat pohon alpukat agar cepat berbuah.

Tips Merawat Pohon Alpukat Agar Cepat Berbuah


1. Memperhatikan Iklim dan Kondisi Tanah

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merawat pohon alpukat agar cepat berbuah adalah dengan memperhatikan iklim dan kondisi tanah, pohon alpukat sendiri sangatlah sesuai untuk tumbuh di negara beriklim tropis sehingga tidak masalah jika ditanam di Indonesia. Selain itu Anda juga harus memperhatikan kondisi tanah di mana tanah yang paling baik adalah kondisi tanah yang subur. 
Menyiram Pohon Alpukat 

Untuk merawat pohon alpukat agar cepat menghasilkan buah, Anda juga harus melakukan penyiraman. Namun Anda harus memperhatikan agar pohon alpukat tidak sampai kekurangan air ataupun kelebihan air, hendaknya penyiraman dilakukan dengan cukup agar akar tanaman tidak busuk. Penyiraman yang ideal dilakukan dua kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

2. Melakukan Penyiangan

Tips ketiga yang harus dilakukan dalam proses perawatan pohon alpukat adalah penyiangan di mana Anda harus membuang gulma ataupun tanaman liar yang tumbuh di sekitar pohon alpukat. Hal yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan agar gulma ataupun tanaman liar yang tumbuh di sekitar pohon alpukat tidak mencuri nutrisi yang akan mengganggu pertumbuhannya. 
Melakukan Pemangkasan 

Selain melakukan penyiangan, Anda juga harus melakukan pemangkasan agar pohon alpukat cepat berbuah. Pemangkasan dilakukan dengan cara memangkas atau memotong cabang yang mati ataupun cabang yang terlalu rapat, hal yang satu ini dilakukan dengan tujuan agar konsentrasi makanan tidak tersebar untuk pertumbuhan tunas yang baru, melainkan untuk pembentukan buah.

3. Pemupukan

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pemupukan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman, Anda harus melakukan pemupukan agar pohon alpukat cepat menghasilkan buah. Anda bisa memberikan pupuk kandang atau kompos pada tahap awal penanaman, selain itu Anda juga harus melakukan pemupukan ulang menggunakan pupuk N, K, dan KCL.

Bagi Anda yang memiliki pohon alpukat, maka tidak ada salahnya apabila Anda mengikuti beberapa tips di atas agar pohon alpukat cepat berbuah.

0 comments:

Post a Comment